Kesulitan Mengubah Gaya Hidup Sehat? Inilah Alasannya

0
176
Ilustrasi Hidup Sehat
Ilustrasi Hidup Sehat

Penduduk Indonesia ternyata sudah mulai memperhatikan gaya hidup mereka dan perlahan mengubahnya menjadi lebih sehat. Lembaga survey Nielsen menyatakan bahwa sebanyak 70% penduduk Indonesia kini mulai mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Namun, pada tahun 2018 Riskesdas telah mencatat adanya tren peningkatan obesitas (kelebihan berat badan) orang dewasa sejak tahun 2007 dari 10,5% menjadi 21,8%. Dan sebanyak 33,5% penduduk Indonesia jarang melakukan olahraga, serta sebanyak 95% orang Indonesia jarang sekali mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Dari hasil penelitian tersebut dipastikan bahwa hanya sedikit masyarakat Indonesia yang berhasil menerapkan pola hidup sehat.

Salah satu yang menyebabkan masyarakat tidak menerapkan pola hidup sehat karena inertia yang ada pada tubuh kita. Inertia adalah mekanisme tubuh yang memberikan perlawanan terhadap perubahan, walaupun perubahan tersebut positif.

Baca Juga:  Gaya Busana Aurel Hermansyah yang Menggoda di Ranjang

“Inertia dalam tubuh punya peran penting untuk menjaga homeostatis di badan. Homeostatis fungsinya menjaga keseimbangan. Ketika kita ingin mengubah pola hidup, ada penolakan dari inertia untuk melakukan hal-hal yang bukan kebiasaan. Jadi bisa dianggap sebagai gangguan,” kata Alvin Hartanto selaku lifestyle nutrition expert

Tidak hanya inertia yang menjadi penghambat, terdapat beberapa faktor lainnya yang sangat memengaruhi kegagalan untuk mengubah pola hidup yang biasa menjadi pola hidup sehat.

“Pertama, faktor psikologis seperti anggapan melakukan perubahan adalah proses yang rumit. Kedua, lingkungan sekitar yang kurang mendukung”, katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here